logo namlea

Portal Pengadilan Agama Masohi

Selamat datang di Website Resmi Pengadilan Agama Masohi, sebagai media informasi berbasis teknologi.
Portal Pengadilan Agama Masohi

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

SIWAS

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
SIWAS

e-Court

e-Court adalah layanan bagi pengguna terdaftar untuk pendaftaran perkara secara Online. Mendapatkan taksiran panjar biaya perkara, pembayaran secara Online, dan pemanggilan yang dilakukan secara elektronik. e-Filling (Pendaftaran perkara Online di Pengadilan) e-Payment (Pembayaran panjar biaya perkara Online) e-Summons (Pemanggilan pihak secara Online)
e-Court

Zona Integritas

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilaksanakan secara terbuka dan dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta dalam program kegiatan reformasi birokrasi khususnya di bidang pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik
Zona Integritas
01 / 04
02 / 04
03 / 04
04 / 04

HAK-HAK PEREMPUAN DAN ANAK PASCA PERCERAIAN

HAK-HAK PEREMPUAN DAN ANAK PASCA PERCERAIAN

(UU No 1 tahun 1974 diubah dengan UU No 16 Tahun 2019 jo PERMA No 3 Tahun 2017 jo SEMA No 3 tahun 2018 jo SEMA No 2 Tahun 2019 jo Kompilasi Hukum Islam)

Hak-Hak Perempuan

Pasca terjadinya perceraian perempuan berhak mendapat:

  •         Nafkah Iddah (nafkah dalam masa tunggu), adalah nafkah yang wajib diberikan oleh mantan suami kepada mantan istri yang dijatuhi talak selama mantan istri menjalani masa iddah (masa tunggu), kecuali jika mantan istrinya melakukan nusyuz (pembangkangan).
  •         Nafkah Madhiyah (nafkah masa lampau), adalah nafkah terdahulu yang dilalaikan atau tidak dilaksanakan oleh mantan suami kepada mantan istri sewaktu keduanya masih terikat perkawinan yang sah;
  •         Mut’ah (penghibur), pemberian dari mantan suami kepada mantan istrinya yang dijatuhi talak baik berupa uang atau benda lainnya.
  •         Hadhanah (pemeliharaan anak), adalah hak pemeliharaan atas anak yang belum mumayyiz (terlihat fungsi akalnya) atau belum berumur 12 tahun, atau anak yang telah berumur 12 tahun atau lebih namun memilih dipelihara oleh ibunya.

Hak-Hak Anak

Pasca terjadinya perceraian, seorang anak berhak mendapat:

  •      Nafkah Madhiyah Anak (nafkah lampau anak), adalah nafkah terdahulu yang dilalaikan atau tidak dilaksanakan oleh ayah (mantan suami) kepada anaknya sewaktu anak tersebut belum dewasa dan mandiri (berusia 21 tahun).
  •       Biaya Hadhanah (pemeliharaan) dan nafkah anak, adalah biaya pemeliharaan dan nafkah untuk anak yang hak hadhanah (hak pemeliharaannya) telah ditetapkan kepada salah satu dari orang tuanya atau keluarga lain yang menggantikannya.

Written by Super User on . Hits: 109

PERINGATAN HARI IBU OLEH

DHARMAYUKTI KARINI CABANG MASOHI

 

Masohi – Dalam Rangka memperingati Hari Ibu, Keluarga Besar Dharmayukti Karini (DYK) Cabang Masohi yang terdiri dari 2 badan peradilan diantaranya DYK Pengadilan Negeri Masohi, dan DYK Pengadilan Agama Masohi telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pengadilan Agama Masohi, Jum’at (22/01/2021) dimulai pada pukul 08.30 WIT, dan dihadiri segenap Karyawan dan karyawati Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Masohi. Acara yang dihelat dalam konsep Family Gathering ini dimaksudkan sebagai sarana mempererat kebersamaan antar satker pengadilan dibawah Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam satu daerah, dengan harapan melalui kegiatan ini, kebersamaan yang sempat menurun ditengah pembatasan sosial akibat Pandemi COVID-19 bisa tetap ditingkatkan guna memberi energi positif sebagai penunjang peningkatan kinerja Karyawan Pengadilan di kota Masohi. Meskipun kota Masohi ini termasuk dalam Golongan Zona Hijau terhadap Pengaruh Pandemi COVID 19, agenda kegiatan ini tetap mematuhi protokoler kesehatan.

Acara tersebut dimulai dengan pelaksanaan Senam bersama hingga dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan diantaranya ; lomba Memasak yang diikuti oleh para Hakim dan Pimpinan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Masohi dengan ibu – ibu DYK sebagai juri. Setelah Sholat jum’at dilanjutkan dengan lomba Membungkus Parcel Buah yang diikuti oleh ibu-ibu DYK. Kegiatan diakhiri dengan lomba make-up tanpa menggunakan cermin untuk para Ibu-ibu DYK beserta para karyawati pengadilan di masohi, Acara berlangsung meriah, ibu-ibu dan Bapak-bapak antusias mengikuti dan menonton perlombaan yang diselenggarakan.

Dalam lomba memasak yang diperuntukkan khusus Bapak-bapak terdiri dari 3 Tim yang mana pada Tim 1 dipimpin oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Masohi, Tim 2 dipimpin Oleh Ketua Pengadilan Agama Masohi, Dan Tim 3 dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Masohi dengan anggota para hakim di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri. Pada sesi lomba ini dimenangkan oleh Tim 3 dengan Menu “Mie Goreng APES (AYAM, PENTOL, SOSIS)”. Sedangkan Juara kedua diraih Tim 2 dengan menu “Nasi Goreng Tanjung Kuako”. Selanjutnya juara ketiga diperoleh Tim 1 dengan menu “MIE KUAH TERSERAH”.

Adapun lomba Membungkus parcel buah diikuti oleh 4 kelompok peserta yang terdiri dari ibu-ibu DYK dan karyawati Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri. Perlombaan tersebut dimenangkan oleh  kelompok 3, sedangkan pemenang ke-2 diraih oleh kelompok 2, dan pemenang ke-3 dimenangkan oleh kelompok 1, sebagai juara harapan 1 diperoleh kelompok 4.

Dalam sesi lomba merias wajah tanpa cermin peserta berjumlah 4 orang merupakan perwakilan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, yang mana perlombaan dimenangkan oleh Ibu Harniansi Baharuddin, SE sebagai juara 1 yang merupakan staf Pengadilan Agama, . Juara kedua dan ketiga dimenangkan oleh ibu Aghni dan ibu Nurul Musdzalifah Yusuf, SPd. Yang merupakan Istri Hakim di Pengadilan Negeri Masohi, serta juara Harapan 1 diperoleh Fitri sebagai perwakilan staf Pengadilan Negeri Masohi.

Kegiatan Lomba merias wajah tanpa cermin ini sekaligus menjadi kegiatan penutup acara peringatan hari ibu yang dilaksanakan oleh Dharmayukti Karini Cabang Masohi, Maluku Tengah.

By/(A6)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Masohi

Jl. Koako No. 4, Masohi, Kecamatan Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah - 97511

Telp. : (0914) 22730 | Fax. : (0914) 21149

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Website : www.pa-masohi.go.id

Kunjungi Kami di Media Sosial :

      

Tautan Aplikasi

Pengadilan Agama Masohi © 2018