PENGADILAN AGAMA MASOHI MELAKSANAKAN DIKLAT DI TEMPAT KERJA (DDTK) PENGGUNAAN APLIKASI ANTRIAN SIDANG
(12/08/2021) Pengadilan Agama Masohi telah melaksanakan Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) penggunaan Aplikasi Antrean Sidang di ruang pertemuan Pengadilan Agama Masohi. Antrean sidang ini merupakan salah satu dari 11 aplikasi Badilag yang diaplikasikan oleh Pengadilan Agama Masohi bertujuan untuk membantu memudahkan Petugas sidang dalam mengatur antrian perkara yang akan disidangkan.
Aplikasi ini memberikan kemudahan pelayanan berupa tampilan informasi nomor antrian dan status proses persidangan yang sekaligus dapat digunakan untuk memanggil para pihak yang telah antri di ruang tunggu untuk masuk ke dalam ruang sidang yang dikendalikan langsung oleh Panitera dari dalam ruang sidang.
Kegiatan DDTK ini diikuti oleh Panitera pengganti, jurusita, dan petugas Sidang, Adapun narasumber aplikasi Antrean Sidang ini adalah Panitera Pengganti Pengadilan Agama Masohi, Suharti, S.Kom., M.H., yang sekaligus sebagai Admin SIPP, didampingi Da’imul Royan, S.Kom. sebagai operator.
Kegiatan DDTK dibuka langsung oleh Panitera Pengadilan Agama Masohi, Dra. Alawiyah Mony. Menurut beliau Aplikasi ini sebagai bentuk komitmen Pengadilan Agama Masohi dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada Masyarakat, terlebih saat ini Pengadilan Agama Masohi sedang mempersiapkan diri dalam pelaksanaan pembangunan ZI (Zona Integritas) untuk menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Oleh karena itulah dibutuhkan aplikasi-aplikasi yang mendukung kinerja dan memberikan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Dalam pemaparannya, Suharti, S.Kom., M.H. selaku narasumber menjelaskan secara detail mengenai aplikasi Antrean Sidang ini. Dimulai dari cara mengakses aplikasi melalui SIPP baik oleh petugas Sidang, maupun Panitera yang bertugas di dalam majelis persidangan hingga proses pemanggilan nomor antrian yang dikendalikan langsung oleh panitera dari dalam ruang sidang.
Dalam kegiatan DDTK tersebut, para peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan langsung melakukan simulasi penggunaan aplikasi tersebut. (A6)